Teknik Interface (Perangkat Lunak)




1. Dasar Teori[kembali]
OPERASI LOGIKA
Tata penulisan: OR/AND/XOR Operandl,Operand2 :
1.    Operand1 adalah varibael, register ataupun isi lokasi memory,
2.    Operand2 adalah register, variabel, isi lokasi memory ataupun suatu angka.
3.    Hasil dari operasi logika tersebut akan ditampung di Operand1.

Contoh:
OR AL,BH      ; proses   OR   terhadap   BH   ke   AL.   Hasilnya
  akan ditampung   di   register AL.
                        BH=   11000011
                        AL =   01110110 OR

                        AL =   11110111


2. Listing Program [kembali]

;Program instruksi OR:
    mov dl,5AH
    mov ah,02H
    int 21H ; cetak angka
 
    OR dl,02H
 
    int 21H ; cetak ':'
 
    MOV AH, 4CH
    INT     21H

"Penjelasan Listing Program"

1. ;Program instruksi OR: (Hanya sebagai label bahwsanya program yang dikerjakan berupa instruksi OR, untuk label ini tak wajib ada pada sebuah listing program)

2. mov dl,5AH  ( Bilangan ASCII yang sama dengan 30 hexa yang akan dicetak dan akan dimasukkan dalam DL)

3. mov ah,02H (Membuat Service number, SERVICE NUMBER = 02H atau AH diisi dengan service number interrupt .)

4. int 21H ; cetak angka (INT disini tidak  berungsi untuk mencegah terjadinya eror, tetapi berungsi untuk mencetak angka ke layar atau menjalankan interrupt 21 hexa) 
    
5. OR dl,02H (Berlakunya fungsi OR pada kondisi 2 berupa  DL dengan service number = 02H)
    
6. int 21H ; cetak ':' (menjalankan Interupt 21 hexa dan menampilkan ':')
    
7.  MOV AH, 4CH (Memindahkan 4CH ke register AH)

8. INT     21H  (Program Berakhir)



3. Hasil Compile dan Run Program [kembali]




4. Video [kembali]




5. Link Download [kembali]
VIDEO
LISTING PROGRAM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri yang Diunggulkan

Ngumpul Seru S3 Dispora Sumbar

Sedari 4 Desember 2022, pemuda pemudi terbaik sumatera barat dijaring oleh Dispora Sumbar untuk meningkatkan kapasitas diri dan kreativitasn...